Punya Jerawat di Dada? Berikut 10 Cara Cepat Menghilangkannya

Blog Dokter - Memiliki jerawat menjadi hal yang cukup mengesalkan. Bayangkan saja di kulitmu yang seharusnya halus anda harus sibuk mengurusi bentolan-bentolan yang jerawat yang bukan hanya jorok namun juga sering terasa sakit. Umumnya jerawat muncul di wajah halus anda, namun tidak jarang beberapa bagian dari tubuh bisa ditumbuhi jerawat.

Salah satu dari bagian tubuh yang paling sering ditumbuhi jerawat adalah dada anda. Meski ia tertutup namun memiliki jerawat di dada pastilah sangat mengganggu. Terkadang pula terasa nyeri hingga gatal dan akan mengganggu kenyamanan anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Di Dada

Berikut adalah cara cepat menghilangkan jerawat pada dada anda.

1. Rajin membersihkan diri

Tentu hal yang sangat penting anda lakukan adalah menjaga kebersihan utamanya kebersihan tubuh anda. Jangan menunda untuk mandi segera mungkin saat anda selesai beraktifitas. Jangan biarkan keringat dan kotoran yang penuh bakteri lama hinggap di tubuh anda. Gunakanlah sabun yang mampu mengangkat minyak, keringat, dan sunscreen bercampur debu yang dapat menimbulkan infeksi pada folikel rambut dari tubuh Anda. Usahakan untuk selalu menggunakan sabun mandi yang mengandung salicylic acid yang dapat mengurangi peradangan dan mengangkat kotoran pada pori.

2. Garam laut

Anda juga harus memanfaatka kandungan garam laut. Sebab ia dipercaya bisa menyembuhkan, membersihkan, dan menghilangkan jerawat serta bekasnya. Untuk menghilangkan jerawat secara cepat dengan menggunakan air garam, hal yang Anda harus lakukan adalah: 

Siapkan 1 liter air dalam mangkuk besar dan tambahkan 1 cangkir garam laut 
Lalu rendam kain lap putih bersih ke dalam wadah 
Peras air garam, namun jangan terlalu kering 
Usapkan kain lap ke daerah dada, leher, pundak, dan lengan bagian atas 
Bersihkan seluruh daerah, kemudian biarkan kering selama 2-3 menit 
Ulangi prosedur 4 sampai 5 kali 

3. Lemon

Lemon memang dikenal banyak mengandung zat yang bagus dan bermanfaat. Salah satu alasan utama mengapa lemon efektif dalam menghilangkan jerawat di dada adalah karena kadar asamnya. Lemon dapat membersihkan kotoran yang telah menempel di pori-pori dalam waktu yang cukup lama.
  • Potong lemon menjadi dua bagian 
  • Gosok ke daerah dada dan diamkan beberapa saat 
  • Bilas menggunakan air bersih 
  • Namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, coba potong lemon dalam ukuran kecil sesuai dengan kebutuhan kulit Anda kemudian tambahkan gula sebagai scrub alami 
  • Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali seminggu. 
4. Soda kue

Soda kue atau baking soda bisa digunakan sebagai bahan alami untuk pengelupasan kulit. Soda kue juga memiliki beberapa sifat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi jumlah jerawat yang Anda miliki. 
Campurkan soda dengan sedikit air 
Oleskan pada daerah yang berjerawat 
Diamkan selama 10 menit 
Bilas dengan air hangat 
Lakukan dua kali seminggu 

5. Kayu manis dan madu

Kayu manis (cinnamon) sangat efektif untuk menghilangkan jerawat kerena memiliki sifat anti mikroba dalam menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Madu di sisi lain juga dapat bertindak sebagai antibiotik sehingga keduanya bisa dicampur bersama-sama. 
Cuci area dada Anda terlebih dahulu dan pastikan sampai bersih dan kering 
Campur madu dan kayu manis sampai seperti pasta 
Oleskan pada area dada dan diamkan selama 15 menit 
Bilas sampai bersih menggunakan air hangat 

6. Putih telur

Salah satu khasiat putih telur adalah membantu mendapatkan berbagai nutrisi dan mineral yang dibutuhkan kulit dan secara efektif mampu menghilangkan bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat. 
Pisahkan kuning telur dari putih telur 
Kocok putih telur sampai halus dan berbusa 
Oleskan putih terus pada area yang berjerawat 
Anda dapat menambahkan lapisan dengan lapisan baru setiap lapisan mengering 
Bilas dengan air hangat dan lap sampai kering dengan menggunakan kain lembut dan bersih 

7. Pasta gigi

Selain mampu membersihkan gigi, ternyata pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat juga, loh! Sifat mikro bakteri yang terkandung juga dapat membantu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan jerawat di dada. 
Sebelum tidur di malam hari, oleskan pasta gigi pada daerah dada yang berjerawat 
Pastikan mengoleskan secara keseluruhan dan biarkan semalaman 
Di pagi hari bilas dengan air dingin 
Lakukan ini setiap hari sampai jerawat mengering 

Di beberapa orang, pasta gigi bisa membuat iritasi pada kulit, sehingga sangat penting Anda melakukan cara dan teknik yang benar. Jangan teruskan cara ini jika terdapat gangguan atau keluhan pada kulit.

8. Minyak pohon teh

Sebagian orang ada yang sudah menyadari jika minyak pohon teh bisa dijadikan sebagai obat alami penghilang jerawat. Minyak pohon teh atau tea tree oil merupakan antiseptik yang mampu membersihkan pori-pori secara alami dan mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. 
Teteskan minyak pohon teh pada daerah yang berjerawat 
Usap-usap sedikit dan biarkan sampai kering 
Lakukan sekitar tiga kali sehari 

9. Lidah buaya

Salah satu alasan yang membuat lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah karena lidah buaya memiliki sifat rileksasi. Hal ini membuat efek gatal dari jerawat bisa terobati. Lidah buaya juga sangat efektif dalam menghilangkan bekas jerawat di dada.

Potong lidah buaya dalam beberapa bagian 
Ambil kandungan gel lidah buaya dan oleskan pada bagian dada yang terkena jerawat 
Diamkan selama 10 menit atau sampai kering 
Bilas sampai bersih 
Lakukan dua kali sehari 

Untuk hasil yang lebih baik dan menyegarkan, diamkan lidah buaya ke dalam kulkas sebelum digunakan.

10. Kulit Jeruk

Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat di dada, kulit jeruk juga bisa menghaluskan kulit sehingga bekas jerawat yang menghitam bisa diatasi. Ambil bagian kulit jeruk yang masih segar, kemudian gosok-gosokkan secara perlahan ke area dada yang memiliki jerawat. Untuk lebih maksimal, campur kulit jeruk ini dengan cuka.
Itulah beberapa Cara ampuh menghilangkan jerawat di dada secara alami. Semoga dengan tips diatas jerawat anda segera teratasi dan kembali memiliki kulit yang mulus dan halus.

0 Response to "Punya Jerawat di Dada? Berikut 10 Cara Cepat Menghilangkannya"

Post a Comment