7 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dan Hidung dengan Cepat

Blog Dokter - Saat musim hujan dan pancaroba,penyakit yang paling sering datang adalah gangguan tenggorokan. Biasanya leher terasa sakit dan juga sangat padat karena dipenuhi oleh lendir baik sebagai gejala flu dan batuk maupun karena lendir yang tidak disertai flu dan batuk. Keadaan ini membuat siapa saja akan terganggu apalagi jika lendir tersebut sangat kental dan sangat sulit dikeluarkan. Maka tidurpun akan terganggu dengan keberadaannya.

Banyak obat medis yang menawarkan mengeluarkan lendir atau dahak dengan cepat. Tapi anda sebaiknya mencoba dulu cara tradisional agar anda tidak beresiko terhadap efek sampingnya.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

Berikut tips alami dalam menghilangkan lendir pada tenggorokan dan hidung dengan cepat

1. Terapi Uap
Bukan hanya ada di rumah sakit saja. Namun terapi uap bisa anda siapkan di rumah. Masaklah air hingga mendidih lalu air terseut anda tuangkan keatas baskom. Teteskan minyak kayu putih serta jahe, lalu hirup uap dari air tersebut. Dengan cara ini maka lendir anda akan encer dan bisa melegakan pernapasan anda.

2. Jeruk Nipis
Anda juga bisa menggunakan ramuan buatan sendiri. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan yang sangat baik untuk menghilangkan lendir. Peraslah jeruk nipis lalu campurkan dengan air hangat. Anda bisa juga mencampurkannya dengan madu agar terasa sedikit manis. Ramuan ini dipercaya bisa menghilangkan lendir dengan cepat.

3. Jahe
Selain jeruk nipis, jahe juga tidak kalah ampuhnya. Jahe yang memiliki rasa pedis dan panas mampu dengan cepat melegakan tenggerokan dan juga menghilangkan lendir. Olehnya itu banyak permen pereda tenggorokan yang mengambil ekstrak jahe. Cara membuat ramuannya pun gampang. Cukup ambil jahe lalu tumbuk. Jahe tersebut anda simpan di gelas lalu siram dengan air panas. Anda bisa mencampurnya dengan gula agar terasa sedikit manis. Lalu minum hingga habis.

4. Berkumur Air Garam
Berkumur menggunakan air garam merupakan salah satu cara alami menghilangkan lendir. Campurkan garam dengan air hangat lalu kumurlah setidaknya dua kali sehari. Garam juga mengandung antibiotik yang bisa menghilangkan virus serta bakteri pada mulut dan tenggorokan anda.

5. Kunyit
Anda juga bisa membuat ramuan dengan kunyit. Parutlah kunyit dan peras airnya. Air perasan kunyit tersebut anda campurkan dengan gula lalu minum untuk menghilangkan lendir anda dengan cepat.

6. Bawang putih
Bawang putih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai kandungan zat antibiotik alami, sehingga sangat efektif untuk membunuh bakteri maupun virus penyebab radang pada tenggorokan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan bawang putih ini yaitu dengan cara memakan langsung beberapa siung bawang putih mentah-mentah atau mencampurkannya pada makanan sebagai lalapan.

7. Tetap terhidrasi
Jangan lupa untuk perbanyak minum dan jaga agar tubuh anda tetap terhidrasi. Minum setidaknya hingga 8 liter perhari agar anda bisa menjaga daya tahan tubuh dan tenggorokan tidak kering agar lendir anda dengan cepat bisa dikeluarkan.
Itulah beberapa cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan cepat yang dirangkum dari beberapa sumber. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dan Hidung dengan Cepat"

Post a Comment