Pertolongan Pertama Saat Gejala Demam Berdarah

Blog Kesehatan - Di Indonesia sudah banyak kasus pasien meninggal dengan riwayat demam berdarah. Bahkan saat ini, sudah ada beberapa provinsi di Indonesia yang telah dinyatakan sebagai daerah Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue (KLB-DBD) yaitu provinsi Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Banten. Hal ini membuat seluruh elemen masyarakat harus tetap siaga dengan penyebaran korban demam berdarah.

Telah diketahui bersama bahwa Virus dengue yang merupakan penyebab demam berdarah yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypty. Nyamuk Aedes aegypty mengisap darah orang yang sudah terinfeksi virus dengue setelah itu ia menggigit orang yang sehat sehingga terjadilah penularan.

Pertolongan Pertama Saat Gejala Demam Berdarah

Sebagai masyarakat yang sadar akan kesehatan maka sebaiknya kita mengetahui bagaimana sebaiknya pertolongan pertama yang harus dilakukan saat gejala demam berdarah. Di bawah ini merupakan beberapa pertolongan pertama saat anda melihat gejala demam berdarah.

Sebelumnya alangkah baiknya untuk melihat apa sajakah gejala yang terjadi ketika terjangkit DBD :

1. Demam tinggi mencapai 39-40 derajat celcius selama dan merasakan lesu selama 2-7 hari .

2. Nyeri otot dan di belakang mata, kepala pusing.

3. Mual dan kadang disertai muntah.

4. Pendarahan dari mulut, hidung ( mimisan ), dan dubur (BAB berdarah).

5. Muncul Bintik-bintik merah pada kulit yang bila kulit direnggangkan, bintik khas DBD akan terlihat berbeda dari jenis gigitan nyamuk yang lain.

Langkah Pertolongan Pertama Saat gejala Deman Berdarah

Saat pasien terkena demam berdarah maka sangat rentan si pasien mengalami dehidrasi karena terjadinya kebocoran plasma yang menyebabkan darah menjadi kental. Selain itu pula terdapat penghambatan terhadap proses pematangan trombosit. Jika kondisi dehidrasi tersebut akan tidak diatasi dengan cepat maka akan berakibat fatal. JIka Anda menemui tanda-tanda atau gejala seperti diatas maka anda harus memperbanyak asupan cairan. Tapi jangan biarkan anda merawatnya di rumah saja tapi segeralah untuk membawanya ke dokter.

Walaupun tidak ada obat specifik dari penyakit demam berdarah namun anda bisa memberikan obat penurun panas. Selain it anda bisa pula memberikan minuman isotonik kepada penderita. Sebab Ion sangat dibutuhkan tubuh karena sangat berguna untuk membantu proses kerja organ tubuh.
Tips Lainnya:
Itulah cara menangani gejala demam berdarah dengan cepat. Jika anda melihat gejala seperti itu alangkah lebih baik jika segera diperiksakan ke dokter. Terima kasih.

0 Response to "Pertolongan Pertama Saat Gejala Demam Berdarah"

Post a Comment