4 Efek Kerja Lembur Berlebihan Untuk Kesehatan

Blog Kesehatan - Hampir semua karyawan tidak asing dengan istilah lembur. Karyawan tentunya memiliki jadwal kerja lembur yang bergiliran apalagi jika deadline kerja mereka sudah sempit. Walaupun kerja lembur tidak semua karyawan merasakannya, namun jika sedang berada pada masa dimana karyawan harus memenuhi target maka mereka kemudian merelakan bekerja hingga larut malam.

Mungkin saja jika bekerja secara lembur sudah menjadi kebiasaan anda, bahkan banyak menyukainya karena dengan kerja lembur maka biasanya anda mendapatkan bonus. Namun tahukah anda seberapa besar efek kerja lembur ini untuk kesehatan?

Efek Kerja Lembur Berlebihan Untuk Kesehatan

Inilah bahaya kerja lembur berlebihan untuk kesehatan

1. Energi terkuras habis
Tentu saja saat lembur energi anda akan terkuras habis. Dimulai sejak pagi anda masuk kerja dan harus melanjutkannya hingga larut malam. Saat energi anda sudah terkuras karena bekerja dan berpikir kondisi psikologis anda juga akan berpengaruh. Sebab dengan lingkungan kerja yang serba tekanan akan membuat anda mudah stress dan juga bisa menguras energi. Kondisi ini akan membuat anda kelelahan dan bahkan jika kelelahan anda berlebihan maka anda bisa kurang tidur dan memperparah kebutuhan istirahat anda.

2. Stres dan tertekan karena penghasilan
Saat anda lembur dan waktu bekerja anda kemudian diberikan bonus tambahan mungkin anda akan merasa senang. Sehingga hal ini yang membuat anda kecanduan untuk lembur. Saat anda mulai mengambil waktu lembur karena anda mengejar penghasilan maka yang anda lakukan sama sekali tidak menyenangkan lagi, bahkan akan berubah menjadi stress dan tertekan hanya karena penghasilan. Olehnya itu anda sangat perlu bijaksana dalam menentukan jam kerja anda.
3. Mengurangi kualitas kehidupan
Anda akan mengurangi kualitas hidup anda. Perhatikan saja jika anda harus kerja lembur maka tentunya ada waktu yang terbuang yang mana harus anda habiskan bersama teman-teman keluarga dan juga orang di sekitar anda. Olehnya itu anda sebaiknya lebih memilih untuk tetap menyisipkan waktu untuk keluarga anda.

4. Risiko penyakit jantung
Saat anda selalu bekerja lembur, maka aliran atau sirkulasi darah anda menjadi sangat tidak teratur. Hal ini bisa memicu muncul beragam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga resiko terkena serangan jantung. Olehnya itu perhatikan pola tidur dan makan anda walaupun anda sedang lembur.
Itulah beberapa dari efek yang sering terjadi jika anda kerja lembur berlebihan setiap hari. Semoga dengan mengetahui resiko kerja lembur diatas anda akan tetap memikirkan kesehatan sebelum melakukan sesuatu yang berlebihan.

1 Response to "4 Efek Kerja Lembur Berlebihan Untuk Kesehatan"

  1. bener juga gan ane juga merasakan kek gitu tapi mau gmn lagi

    ReplyDelete