6 Tips Menurunkan Nafsu Makan yang Berlebihan

Diet Sehat - Cara menurunkan nafsu makan. Tantangan terbesar saat anda ingin menurunkan berat badan adalah diri sendiri. Hal tersebut termasuk malas bergerak untuk olahraga, menahan nafsu makan serta banyak kegiatan lain yang selalu dilakukan namun bertentangan dengan aturan untuk menurunkan berat badan. Dan yang paling sering ditemui adalah tantangan dalam melawan nafsu makan.

Banyak orang yang tidak bisa melalui tantangan tersebut. Apalagi saat makanan sudah di depan mata, maka anda pasti tersiksa jika tidak langsung menyantapnya. Nah di bawah ini merupakan beberapa dari tips menurunkan nafsu makan yang berlebihan yang bisa memicu kegemukan.

Tips Menurunkan Nafsu Makan yang Berlebihan

Panduan Cara Mengatasi Nafsu Makan yang Berlebihan

1. Fokus
Yang dimaksudkan dengan fokus adalah saat anda sedang makan maka hindari untuk melakukan aktifitas lain. Misalnya makan sambil menonton tv, main game membaca dan beragam aktifitas lainnya. sebab jika hal itu anda lakukan maka anda akan keasyikan dan membuat porsi makan anda bertambah. Dalam jangka tertentu tanpa anda sadari maka anda akan terbiasa dengan porsi tersebut dan membuat nafsu makan anda bertambah dengan mudah.


2. Hindari Iklan Makanan

Saat menonton TV akan banyak beragam iklan yang muncul. Yang menarik perhatian kebanyakan adalah iklan makanan. Misalnya iklan mie dengan beragam kuah yang sangat enak dilihat, juga cemilan lain saat bintang iklannya memakannya dengan penuh kelezatan. Iklan memiliki pengaruh yang sangat persuasive, sehingga jika anda sering menonton iklan makanan maka anda juga bisa ikut-ikutan berminat untuk memakannya. Disinilah anda mulai tertarik mencobanya dan nafsu makan anda akan terbentuk karena sugesti iklan makanan tersebut. Olehnya itu anda sebaiknya berusaha menghindari iklan makanan.


3. Menghindari Junk Food
Hindari makanan junk food atau makanan instan. Dengan sering memakannya maka anda akan ingin lagi dan lagi. Sebab perasa yang ada di junk food sangatlah gurih dan membuat anda tergoda.

4. Nikmati Waktu Makan
Saat anda makan janganlah terburu-buru. Nikmati waktu makan anda dengan mengunyah makanan perlahan-lahan serta membuatnya betul-betul bisa tercerna dengan baik. Sebab makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan membuat anda akan cepat merasakan lapar lagi.

5. Jangan Melampiaskan Stress Kepada Makanan
Stress selalu melanda seseorang jika memiliki masalah dan juga banyak urusan tertentu. Kebanyakan orang melampiaskan stress tersebut dengan makan apa saja yang disukainya. Jika membiasakan melampiaskan stress ke makanan, anda akan selalu bernafsu makan saat stress berikutnya.


6. Makan Dengan Teratur
Aturlah pola makan dengan baik sehingga anda tidak perlu makan diluar jam makan. Jika perut kosong di jam makan, anda bisa dengan cepat memakan apa saja yang anda lihat. Dengan begini pola nafsu makan akan datang kapan saja tanpa bisa terkontrol.

Itulah beberapa tips menurunkan nafsu makan anda. Semoga dengan tips diatas anda dapat menahan godaan makanan yang dapat membuat gemuk.

0 Response to "6 Tips Menurunkan Nafsu Makan yang Berlebihan"

Post a Comment